Sunday 16 August 2015

Info Mengenai Lalat

dettline,serangga,info lalat

Info Tentang Lalat

     Halo Sobat Dettline. Kali Ini Dettline akan membahas tema mengenai lalat. Secara kilas, apa yang terbesit dalam fikiran Sobat mengenai lalat?? Pernahkah Sobat Dettline memikirkan sesuatu tentang lalat?? Nah ... pada artikel ini Dettline akan coba memberi beberapa keterangan atau penjelasan info mengenai lalat. Mungkin juga dapat menjawab pertanyaan Sobat Dettline mengenai hal hal seputar hewan kecil yang satu ini. Ya ... Langsung saja, tema pembahasan Dettline saat ini memiliki beberapa sub judul info mengenai lalat. Simak baik baik ya Sobat Dettline !!! semoga info ini dapat bermanfaat bagi Sobat.

Pembahasan pertama mengenai lalat yaitu ...

Mengapa Lalat Menyukai Tempat Tempat Yang Kotor Dan Bau??

     Lalat seringkali berkumpul di tempat yang kotor. Ini dikarenakan kotoran merupakan makanan bagi lalat. Selain itu lalat menggunakan kotoran sebagai tempat untuk menetasakan telurnya. Lalat betina meletakan telur telurnya dekat dengan sumber makanannya, agar memungkinkan larva mudah utuk mengkonsumsi makanan sebanyak mungkin dalam waktu singkat sebelum larva berubah menjadi dewasa. Maka dari itu tempat yang kotor merupakan tempat favorit bagi lalat.

Lalu Mengapa Lalat Memiliki Kebiasaan Menggosokan Kakinya??

     Nah ini yang perlu diperhatikan juga bagi Sobat Dettline, lalat memang suka sekali menggosokan kakinya ketika ia hinggap. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan kotoran yang melekat pada kaki si lalat. Karena kaki lalat itu berbulu sedangkan mereka juga sering hinggap di tempat yang kotor, maka banyak kotoran yang menempel pada kakinya, dan ternyata kotoran kotoran yang melekat pada kakinya ini membuat lalat tidak nyaman dan mengganggu lalat saat hendak mengambil makanan, sehingga lalat harus sering sering untuk membersihkan kakinya.
     Yaaps maka dari itu Sobat Dettline juga harus berhati hati hati terhadap lalat  khususnya ketika lalat mendarat atau menempel pada makanan atau minuman Sobat, sebaiknya buang sebagian makanan yang telah dihinggapi oleh lalat atau mengganti gelas/cangkir bila tersentuh oleh lalat, karena kotoran yang dibawa lalat dapat menyebabkan efek yang kurang baik bagi kesehatan.

Apa Penyakit Yang Dapat Disebabkan Oleh Lalat??

     Berbagai jenis mikroorganisme yang dapat menyebabkan penyakit menempel di kaki kaki lalat dan bulu bulu halus di sekujur tubuhnya. Biasanya penyakit yang disebabkan oleh lalat berdampak terhadap saluran pencernaan. Ini dikarenakan perpindahan kuman dan mikroorganisme dari lalat ke dalam tubuh manusia terjadi secara mekanis. Sebagian besar contohnya ketika kotoran yang ada pada lalat menempel pada makanan dan membuat makanan tersebut terkontaminasi lalu mikroorganisme dari lalat akan masuk ke dalam tubuh manusia bersamaan dengan makanan tersebut. Sehingga dapat menyebabkan berbagai penyakit yaitu :

  • Disentri, infeksi pada usus yang menyebabkan diare dan disertai oleh adanya darah atau lendir. Penyebabnya adalah bibit penyakit yang dibawa oleh lalat berasal dari sampah, dan kotoran manusia atau hewan.
  • Kolera, yaitu gejala muntah-muntah, demam dan dehidrasi, penyakit ini tidak dipengaruhi oleh iklim.
  • Diare, sakit pada bagian perut, lemas dan gangguan pada pencernaan
  • Typhoid, yaitu gangguan pada usus, sakit pada perut, sakit kepala, dan demam yang tinggi.

Maka dari itu Sobat Dettline, jagalah kebersihan lingkungan untuk menghindari kehadiran hewan kecil pembawa bakteri ini, dan utamakan jagalah selalu kehigenisan makanan atau minuman, agar terlindung dari ancaman penyakit, khususnya terhadap penyakit pencernaan.

Benarkah Sayap Lalat Mengandung Racun Dan Obat??

 Rasulullah SAW bersabda,
“Apabila seekor lalat masuk ke dalam minuman salah seorang kalian, maka celupkanlah ia, kemudian angkat dan buanglah lalatnya sebab pada salah satu sayapnya terdapat penyakit dan pada sayap lainnya ada obatnya" (HR. Bukhari, Ibn Majah, dan Ahmad)
Maka pernyataan itu adalah "Benar".
     Percobaan ilmiah-pun sudah dilakukan untuk mengungkap rahasia di balik hadits ini. Hasilnya-pun menyatakan bahwa ada kekhususan pada salah salah satu sayapnya yang sekaligus menjadi penawar atau obat terhadap bakteri yang berada pada sayap lainnya. Oleh karena itu, apabila seekor lalat (keseluruhan badannya) dicelupkan ke dalam air, maka bakteri yang ada padanya-pun akan mati.

Dan satu pertanyaan lagi yang mungkin juga menjadi pertanyaan Sobat Dettline ...

Mengapa Lalat Dapat Terbang Sangat Cepat??

Mungkin Sobat Dettline juga pernah mencoba untuk menangkap lalat?? Seberapa cepat lalat menghindar??

     Peneliti dari California Institute of Technology (Caltech). Menggunakan video berkecepatan dan beresolusi tinggi, mereka berhasil mengungkap kenapa lalat bisa cepat dalam menghindar. Michael Dickinson, seorang professor di bidang bioengineer dari Caltech yang menjadi pemimpin dalam riset tersebut mengemukakan bahwa kemampuan lalat untuk menghindar dari serangan ini karena cepatnya otak lalat untuk melakukan tindakan dan kemampuan untuk merencanakan apa yang akan dilakukan.
     Para peneliti menemukan bahwa jauh sebelum lalat melompat ia mengkalkulasi lokasi serangan lalu membuat sebuah rencana pelarian. Dalam waktu 0,1 detik, lalat mampu merencanakan manuver untuk melarikan diri dari ancaman. Para peneliti menemukan bahwa lalat mampu menempatkan diri mereka dalam pergantian posisi yang cepat ini dalam keadaan apapun baik ketika sedang membersihkan diri, makan, atau berjalan.
WOW !!

Ini dia info mengenai lalat yang dapat Dettline simpulkan, mengenai info yang tercatat dalam artikel ini merupakan gabungan yang disimpulkan dari berbagai sumber, baik buku maupun info dari Sobat Bloger lainnya. Terimakasih atas kunjungan Sobat Dettline, sempatkan mampir untuk artikel dan info lainnya ya !!! Hehehe
TTD : Detective Jabbar
Load disqus comments

0 komentar