Tuesday 3 January 2017

Cara Memasukkan Data Kedalam Tabel Tanpa Menggunakan Database (Javascript)

(HTML) Membuat Tabel Sementara Menggunakan Javascript

Kali ini Dettline akan menjelaskan bagaimana “caranya untuk menginput data kedalam tabel tanpa menggunakan database”. Cara yang digunakan juga sangatlah sederhana, sobat hanya perlu menambahkan beberapa baris codingan javascript. Namun data yang nantinya sobat masukkan ini sifatnya hanya sementara. Sehingga ketika sobat merefresh ulang laman tersebut, data yang dimasukan tadi akan hilang. Hhhmm tidak permanen ya!? Benarkah isi artikel ini yang sobat cari? Sebenarnya artikel ini Dettline buat berdasarkan tugas yang admin pernah terima di kampus. Mungkin saat ini ada diantara sobat Dettline yang sedang mencarinya. Semoga bisa menjadi solusi untuk sobat.

Buat Format HTML dan Javascript



Strukturnya hampir sama dengan artikel Dettline sebelumnya, yaitu tentang “Membuat Validasi Input Menggunakan Javascript”. Kolom yang diisi hanya pada kolom NIM dan NAMA saja. Sedangkan kolom AGAMA menggunakan menu combobox. Tombol SIMPAN dan ULANGI menggunakan type “button” dan ”reset”.

Kodingan yang dibuat juga sebenarnya tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya. Hanya ada sedikit pengurangan dan penambahan saja. Hasil perubahan yang Dettline lakukan isinya seperti dibawah ini. Simpan file tersebut dengan nama tutor.html


<html>
<head>
      <title>Dettline</title>
      <script src='javascript_tabel.js'></script>
</head>
<body>
<form name='biodata' method='post' action='tutor.html'>
<pre>
Nim     : <input type='number' name='nim'>
Nama    : <input type='text' name='nama' >
Agama   : <select name='agama'>
      <option>Islam
      <option>Hindu
      <option>Budha
      <option>Kristen             
      <option>Konghucu       
      </select>
</pre>
      <input type='button' onClick='terimainput()' value='Simpan'>
      <input type='reset' value='Ulangi'>

</form>

<table border='1' id='tabelinput'>
<tr>
      <td>NIM</td>
      <td>NAMA</td>
      <td>AGAMA</td>
</tr>
</table>

</body>
</html>


Perbedaan yang paling mencolok dari artikel sebelumnya adalah format yang ada pada TAG <table>. Gunanya TAG tersebut adalah untuk menampilkan data yang telah sobat input sebelumnya.

Atribut id yang ada di dalam TAG table digunakan sebagai selector penghubung javascript. Dengan id tersebut, javascript akan memiliki hak akses untuk memanipulasi tabel tersebut.

*Ket: bila sobat ingin menambahkan CSS di dalam tabel yang memiliki selector id tersebut. Sebaiknya sobat menggunakan selector CSS Class. Agar tidak mengganggu selector antara CSS dan Javascript.

Yang perlu sobat perhatikan di sini adalah atribut name yang ada didalam TAG <form> dan TAG <input>. Keduanya digunakan untuk identifikasi atau pemberian nama agar javascript dapat mengaksesnya dan menerima inputannya.


Sedangkan atribut onClick didalam tombol/button, digunakan untuk meletakkan function javascript. Berikut adalah isi dari coding javascript. Simpanlah di lokasi penyimpanan yang sama dengan file html diatas lalu simpan dengan nama javascript_tabel.js. 


function terimainput(){
       var x=document.forms['biodata']['nim'].value;
       var y=document.forms['biodata']['nama'].value;
       var z=document.forms['biodata']['agama'].value;
               
                                               
       var tabel = document.getElementById("tabelinput");
       var row = tabel.insertRow(1);
       var cell1 = row.insertCell(0);
       var cell2 = row.insertCell(1);
       var cell3 = row.insertCell(2);
               
       cell1.innerHTML = x;
       cell2.innerHTML = y;
       cell3.innerHTML = z;
}


Function terimainput() merupakan fungsi yang akan digunakan oleh tombol Simpan yang terdapat pada file tutuor.html. Saat tombol tersebut di-klik maka isi dari function terimainput() akan di-eksekusi atau dijalankan.

Lalu var x, var y, var z adalah nama variabel yang menerima isi dari data nim (var x), nama (var y) dan agama (var z). Sedangkan penulisan “biodata” adalah identifikasi dari TAG <form> yang ada di dalam file tutor.html. Maksudnya adalah variabel x,y dan z akan mengambil data dari formulir biodata, dan masing-masing diantaranya mempunyai peran penting untuk mengolah data tertentu (nim, nama, agama).

var tabel adalah nama variabel untuk mewakili tabel yang memiliki id “tabelinput” yang ada didalam tutor.html. Sedangkan var row digunakan untuk menambahkan baris pada tabel tersebut, dan kolomnya diwakili oleh variabel var cell1, var cell2, dan var cell3. Selanjutnya var cell1, var cell2, dan var cell3 diisi dengan variabel x, y dan z.


Uji Coba


Setelah dua file tersebut telah sobat buat, sekarang silakan jalankan file tutor.html lalu cobalah sobat praktikan, Bisakah tampil seperti ini?




Berhasil bukan? Selamat, selamat.
Berikutnya Dettline akan coba untuk membuat artikel gabungan antara artikel ini dengan artikel “Membuat Validasi Input Menggunakan Javascript”. Terimakasih atas kunjugan sobat. Semoga artikel ini dapat membantu.
Load disqus comments

2 komentar