Saturday 19 November 2016

Membuat Kolom Inputan Wajib Diisi Menggunakan Nomor/Angka (Java Netbeans)

Membuat Kolom Textfield Hanya Dapat Diinput Menggunakan Angka Atau Nomor Dalam Java Netbeans

Dettline
Selamat datang sobat Dettline! Kali ini tidak terasa secara 3x berturut turut dalam waktu yang berdekatan, Dettline telah berhasil memposting 3 artikel dan 2 video dalam akun youtube yang membahas fokus mengenai Java Netbeans. Pada pertemuan kali ini Dettline akan membahas mengenai source yang sederhana namun begitu penting rasanya untuk diterapkan dalam situasi yang tepat! Tema kali ini adalah pembahasan tentang "bagaimana caranya agar membuat kolom input/textfield tidak dapat di-input menggunakan karakter selain nomor atau-pun angka".

Langsung saja, seperti biasa. Siapkan sebuah JFrame lalu sisipkan sebuah kolom atau textfield yang akan diberi fungsi untuk dapat di-input bila karakter yang diketik adalah nomor dan angka. Misal, tampilan Dettline seperti ini. Maka kolom yang hanya dapat di-input dengan karakter nomor dan angka adalah kolom input nilai.

Dettline

Untuk kolom input nilai, Dettline memberi nama variabel "inputN", lalu kolom output diberi nama "outputN" (Jangan lupa pada kolom outputN, ceklist editable pada properties di-uncheck agar kolom sama sekali tidak dapat di-input atau di-edit). Sedangkan variabel tombol proses masih menggunakan nama variabel default, dikarnakan nama variabel pada sebuah tombol dalam tutorial kali ini tidak berperan penting.

Bila langkah pemberian nama variabel sudah dilakukan, sobat dapat lanjut kelangkah berikutnya, yaitu memberikan source pada kolom inputN. Letakkan sebuah kode kedalam kolom inputN, dengan cara klik kanan pada kolom lalu pilih Events > Key > KeyTyped. (Atau perhatikan gambar berikut)

Dettline


Setelah sobat masuk kedalam source KeyTyped, sobat dapat memasukkan kode berikut, fungsinya untuk membatasi inputan karakter hanya dapat di-input menggunakan nomor dan angka.

        char enter=evt.getKeyChar();

        if(!(Character.isDigit(enter)))

        {

            evt.consume();
        }

Selanjutnya kembali menuju design, lalu kali ini pilih tombol proses dan masukkan kode didalamnya dengan cara klik 2x tombol tersebut atau klik kanan pada tombol, pilih Events > Action > ActionPerformed. Masukkan kode berikut:


        int hasil=Integer.parseInt(inputN.getText());

        String tampil=String.valueOf(hasil);

        outputN.setText(tampil);



Setelah semua langkah diatas selesai sobat lakukan tanpa adanya masalah. Maka dapat dinyatakan sobat telah berhasil membuatnya. Sekarang tinggal hanya sobat buktikan dengan cara menjalankan program tersebut. klik ctrl+shift+f5. Lalu ketikkan sebuah karakter pada kolom inputN, saksikanlah apa yang akan terjadi?! Mantab bukan?! Selamat, sobat berhasil melakukannya. Semoga tutorial ini dapat membantu sobat untuk mengisi kebutuhan project sobat. Trimakasih atas kunjungannya, jangan lupa untuk datang lagi. Hehe ..

Salam dari Detective Online!


Tambahan! Untuk mengikuti tutorial ini, sobat Dettline juga dapat melihat tutorial melalui video DettlineTube dibawah ini.




Load disqus comments

2 komentar