Thursday 10 September 2015

Pengertian XAMPP

logo, xampp, dettline

Apa itu XAMPP

     Yaaps ini adalah artikel pertama Dettline dalam kategori PHP, sebelum membahas praktiknya langsung ada baiknya kita mengetahui informasi dasar mengenai XAMPP. Kenapa tentang XAMPP?? Karena XAMPP merupakan software yang dapat mendukung banyak sistem operasi dan merupakan kompilasi dari beberapa program, termasuk PHP di dalamnya !! Selain itu XAMPP sendiri tergolong dalam kategori free ware (Gratis). Oleh sebab itu Dettline merekomondasikan Sobat untuk menggunakannya, karena dalam rencana artikel nantinya Dettline juga akan menggunakan Software ini. Bila Sobat Dettline belum memiliki installanya dapat Sobat download langsung ke situs resminya, yaitu : www.apachefriends.org 

Langsung saja Dettline akan membahas secara singkat mengenai XAMPP

XAMPP


XAMPP memiliki fungsi sebagai server, yang bernama localhost. Nama XAMPP juga diambil dari sebuah singkatan yaitu :

  • X
    Maksud X disini adalah XAMPP dapat di jalankan di banyak sistem operasi.
  • A
    Yaitu Apache, yang merupakan aplikasi web server. Fungsinya adalah menghasilkan ataupun menampilkan halaman web yang telah dibuat menggukanan kode PHP.
  • M
    MySQL, yaitu aplikasi database server. Fungsinya untuk membuat dan mengelola database. Sehingga apapun yang ada kaitannya dengan database merupakan tugas dari MySQL. Baik untuk  menambahkan data, mengubah ataupun menghapus data yang terdapat di dalam database.
  • P
    P yang pertama ini adalah PHP. Bahasa pemrograman yang bersifat "Server Side Scripting" dan memungkinkan untuk membuat halaman web yang bersifat dinamis.
  • P 
    P yang ini adalah Perl. Pada awalnya Perl hanya digunakan sebagai bahasa pemrograman di lingkungan sistem operasi Unix. Bahasa Perl Menggabungkan kemampuan bahasa C, Sed, Awk dan Grep dan fitur fitur lain yang ada di shell Unix.

Bagian Penting XAMPP

Beberapa bagian penting dari XAMPP yang pada umumnya biasa digunakan, yaitu :

  •  Control Panel, atau XAMPP control panel. Yaitu untuk mengelola layanan service XAMPP, seperti untuk me-running atau men-stop apache, MySQL, Tomcat (dll) dan juga disediakan beberapa fitur lainnya. Ini merupakan jembatan penghubung dengan database.
  • phpMyAdmin, bagian yang mengelola basis data MySQL. Untuk membukanya, buka browser lalu masukkan url "http://localhost/phpMyAdmin", maka akan tampil halaman utama phpMyAdmin. Di halaman phpMyAdmin, Sobat dapat membuat dan mengatur database.
  • htdoc, tempat untuk menyimpan berkas/file yang diperlukan Sobat Dettline dalam pembuatan web. Atau htdoc dapat dikatakan sebagai tempat penyimpanan yang dapat dibaca oleh server (localhost) untuk di eksekusi/dijalankan

Nah sekiranya itu penjelasan singkat mengenai XAMPP yang dapat Dettline tulis untuk saat ini. Beberapa keterangan atau penjelasannya merupakan kesimpulan yang Dettline ambil dari beberapa situs.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Dettline, bila ada kritik dan saran dapat Sobat sampaikan melalui komentar ataupun akun sosial Dettline.
TTD : Detective Jabbar
Load disqus comments

0 komentar