Friday 11 September 2015

Pengertian PHP

php, pengertian, logo, dettline

Info Tentang PHP

      Apa Itu PHP?? Kesimpulan dari Dettline yaitu, PHP merupakan sebuah bahasa pemrograman "Server Side Scripting" yang memungkinkan kita untuk membuat halaman web yang sifatnya dinamis. Juga dapat digunakan untuk membagun sebuah CMS. Dalam artikel ini Dettline akan membahas sejarah singkat PHP dan beberapa fasilitas yang dimilikinya. Yaapps langsung saja Dettline akan mencoba untuk menjelaskan mengenai PHP.


Sejarah PHP 


     PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Kegunaannya untuk mengolah data melalui situs/web. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI). Awalnya PHP memiliki kepanjangan dari Personal Home Page yaitu kode yang bersifat personal/milik pribadi. Tapi dalam perkembangan selanjutnya Rasmus merilis kode tersebut menjadi sumber terbuka untuk umum dan memberi nama PHP/FI. Sehingga pada saat itu banyak para memrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkannya.
     Selanjutnya di bulan November tahun 1997 PHP dirilis dalam versi PHP/FI 2.0. Kali ini Interpreter (Komputasi) PHP sudah diimplementasikan ke dalam program C. Dan di tahun ini pula perusahaan yang bernama Zend menulis ulang interpreter PHP sehingga menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian berseling 1 tahun perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikannya sebagi PHP 3.0 kemudian singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang yaitu PHP Hypertext Preprocessing.
     Pada tahun 1999 Zend merilis kembali interpreter PHP yang diberi nama PHP 4.0. Dengan keunggulan kemampuan dapat membangun aplikasi web yang kompleks dan tetap memiliki kecepatan & stabilitas yang tinggi.
     Lalu pada bulan Juni 2004, Zend merilis versi PHP 5.0. Versi kali ini memiliki interpreter PHP yang jauh berbeda dari versi versi sebelumnya (perubahan besar). Versi ini juga memasukan model pemrograman yang berorientasi obejek atau object-oriented programming (OOP).
     Versi terbaru dari pemrograman PHP adalah versi 5.6.4 yang resmi dirilis pada tanggal 18 Desember 2014.

Keunggulan PHP dari bahasa lainnya

  • PHP tidak melakukan kompilasi dalam penggunaannya.
  • Banyak web server yang mendukung bahasa PHP juga dengan konfigurasi yang relatif mudah (apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami, dll).
  • Dalam sisi pemahaman PHP merupakan bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki banyak sumber refrensi.
  • Dalam sisi pengembangan lebih mudah karena banyak developer yang siap membantu dalam pengembangan.
  • PHP merupakan bahasa yang open source, dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console.
 

Tipe Data

 
     Tipe data biasanya digunakan untuk menentukan jenis nilai yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Beberapa tipe data yang dapat digunakan dalam PHP yaitu :


  • BooleanSuatu tipe data yang hanya mempunyai dua nilai. Yaitu true atau false (benar atau salah). Dan pada beberapa bahasa pemograman nilai true bisa digantikan 1 dan nilai false digantikan 0.
  • Integer
    Integer yaitu tipe data yanghanya menjalankan bilangan bulat.
  • Float/DoubleFloat dan Double merupakan tipe data bilangan pecahan. Bedanya adalah Double memiliki ketelitian yang lebih tinggi.
  • String
    Tipe data yang dapat menyimpan karakter, symbol atau bahkan kata.
  • Array
    Array merupakan kumpulan dari nilai nilai data yang memiliki tipe yang sama.
  • Object
    Tipe Data Object merupakan inisialisasi suatu class. Contohnya jika Sobat ingin mengkonversikan nilai ke tipe data Integer maka Sobat Dettline dapat menggunakan tipe data ini.
  • Resource
    Tipe data Resource dapat dikatakan sebagai pendeklarasian koneksi database.
  • NULLNULL adalah tipe data untuk mendefinisikan kondisi kosong/hampa.

Nah jadi sebenarnya pandangan PHP bagi para programer bukanlah mengenai pemberian harapan palsu, hehehe melainkan ... PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang menarik bagi kalangan programer, karena salah satu alasa utamannya yaitu PHP memudahkan dalam membuat web site yg bersifat dinamis.

Mungkin pembahasan yang dapat Dettline sampaikan mengenai PHP cukup sampai disini, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sobat Dettline. Dan perlu di ingat, artikel ini merupakan kumpulan informasi dari beberapa situs yang telah dirangkum menjadi satu oleh Dettline ...
Khususnya wikipedia

TTD : Detective Jabbar

Load disqus comments

0 komentar