Thursday 17 November 2016

Membuat Validasi Alert Kolom Kosong (Java Netbeans)

Membuat Kolom Validasi/Alert Dengan Netbeans (Java)

Membuat Kolom Validasi/Alert 
Lama Tidak Berjumpa Sobat! Saat ini Dettline membuat menu baru yaitu Netbeans. Menu ini akan berisi mengenai source-source yang berkaitan dengan pemrograman "Java". Untuk awalan Dettline memberikan tutor mengenai "Kolom Validasi Atau Alert". Fungsinya adalah memberikan pemberitahuan bila ada syarat-syarat dalam program yang belum terpenuhi.
Langkah awal sobat boleh membuat sebuah package baru atau silahkan sobat buka file netbeans yang pernah sobat buat! Yang terpenting ada tombol button di dalam project sobat. Karena dalam tutor kali ini, penggunaan validasi atau alert akan disisipkan kedalam source button.

Nah, tampilan project dalam tutor Dettline kali ini adalah seperti ini.


Dettline


Pada tampilan diatas, beri nama pada texfield berwana merah dengan nama "nama", lalu textfield berwana biru dengan nama "nim", setelah itu beri nama pada textfield hijau dengan nama "kelas". Selanjutnya ada 3 kolom lagi yang perlu diberikan nama variabel. Ke 3 kolom ini berfungsi sebagai kolom yang akan menampilkan data bila data berhasil diproses. Kolom berwana hitam beri nama "hasilnama", lalu kolom ungu "hasilnim", dan kolom kuning "hasilkelas".

*Untuk NIM sudah pasti karakter yang harus dimasukkan adalah angka, bagaimana caranya agar memang hanya angka yang dapat diinput pada kolom tersebut. Caranya dapat sobat lihat disini > Membuat Kolom Hanya Dapat Diinput Menggunakan Nomer Dan Angka

Terakhir adalah pemberian nama terhadap button Simpan dengan nama "proses". Bila sudah diberi nama variabel masing-masing, sobat bisa klik kanan pada button simpan lalu pilih events > action > actionPerformed.
(Atau lihat gambar dibawah)


Dettline

(Klik gambar untuk perbesar, dan tekan esc untuk menutup gambar)


Setelah itu masukkan kode berikut:
if(nama.getText().equals("")||nim.getText().equals("")||kelas.getText().equals(""))
{
JOptionPane.showMessageDialog(null, "Masukkan data dengan benar !","Kesalahan", JOptionPane.ERROR_MESSAGE);
    return;
} else
{
hasilnim.setText(nim.getText());
hasilnama.setText(nama.getText());
hasilkelas.setText(kelas.getText());
}


Bila terjadi kesalahan pada JOptionPane Sobat bisa tekan alt+enter pada tulisan tersebut. Lalu pilih "add import javax.swing.JOptionPane". Gunanya untuk memanggil package javax.swing. JOptionPane tidak bisa berjalan tanpa adanya package tersebut.

Atau sobat Dettline dapat menulisnya secara manual di baris awal pada source project.
Dettline

Selesai sampai disini, sobat dapat menjalankan programnya dan lihat bagaimana hasilnya. "Saat kolom ada yang tidak di isi, maka program tidak akan memproses data". Jangan lupa untuk 3 kolom paling bawah fungsi editablenya dimatikan agar data tidak dapat diubah secara manual.

Sekian dari Dettline, Terimakasih telah berkunjung. Semoga tutorial ini dapat membantu permasalahan sobat saat ini.
Load disqus comments

0 komentar